Nama : Muhamad wildan fadil
Kelas : 1KA23
NPM : 14115436
Dampak Sosial Tawuran Antar Wilayah RT/RW di
Jakarta
Muhamad wildan fadil
NPM 14115436
Kelas 1KA23
Program Sarjana
Ilmu Komputer & Teknologi Informasi
Mata kuliah : ilmu sosial dasar
Dosen: muhammad burhan amin
Dosen: muhammad burhan amin
Topik Makalah
Dampak
Sosial Tawuran Antar Wilayah RT/RW di Jakarta
Kelas
: 1-KA23
Tanggal Penyerahan Makalah : 6 Oktober
2015
Tanggal Upload
Makalah : 7 Oktober
2015
P E R N Y A T A A N
Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan
dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari
tim / pihak lain.
Apabila terbukti tidak
benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata
kuliah ini.
P e n y u s u n
N P M
|
Nama Lengkap
|
Tanda Tangan
|
14115436
|
Muhamad Wildan Fadil
|
Program Sarjana Ilmu Komputer & Teknologi Informasi
UNIVERSITAS GUNADARMA
Kata
pengantar
Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas berkat dan
rahmat-Nyalah sehingga saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul "Dampak sosial tawuran antar wilayah rt/rw". Tugas makalah ini dibuat guna untuk memenuhi
nilai tugas dalam mata kuliah Ilmu Sosial Dasar pada Jurusan sistem informasi Universitas
Gunadarma.
Dalam pembuatan makalah ini masih jauh dari sempurna, masih banyak
kekurangan dalam berbagai sudut pandang, mohon kritikan dan
saran yang membangun agar pembuatan makala untuk kedepannya bisa
lebih baik lagi.
Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat
kepada kita sekalian.
BEKASI,02-10-15
M.wildan fadil
Daftar
isi
KATA PENGANTAR........................................................................ i
DAFTAR ISI...................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG……………………………………………1
B. TUJUAN…………………………………………………………2
D.
SASARAN……………………………………………………….2
BAB II PERMASALAHAN
1. PENGERTIAN
TAWURAN……………………………….........3
2. FAKTOR-FAKTOR
PENYEBAB TERJADINYA TAWURAN..3
3. SWOT
Analysis…………………………………………………..4
BAB III KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
1.
KESIMPULAN……………..……………………………….........5
2.
REKOMENDASI………………………………….……………...5
REFERENSI
Bab
1
pendahuluan
pendahuluan
iii.
Latar belakang
Tawuran antar warga
selalu menjadi bahan pembicaraan,perkara ini tidak dapat dianggap remeh.
Tawuran warga ini kalau kita kaji akan berdampak panjang, bukan hanya bagi warga yang terlibat, namun juga
untuk keluarga serta lingkungan masyarakat di sekitarnya.
Tawuran
ini sangat mengganggu kenyamanan warga sekitar,tawuran ini tidak hanya terjadi
di satu lingkungan saja tetapi dilingkungan itu saja,tetapi dijalan umum.tak
jarang umumnya merusak fasiltas publik,penyimpangan ini membuat warga takut
untuk melerainya,sampai harus melibatkan aparat kepolisian.
Hal ini tampak beralasan karena senjata yang digunakan bukan
senjata biasa melainkan senjata tajam yang dapat merenggut nyawa orang
contohnya,samurai,golok,pedal.
Perkelahian yang dilakukan oleh sesama warga ini sangat merugikan banyak pihak
selain para warga itu sendiri dan untuk mencari jalan
penyelesaian terbaik dalam menekan permasalah ini agar tidak terus-menerus
berlangsung dalam kehidupan mereka dan tidak berdampak buruk pada masa
depan mereka.
a) Tujuan
1.Memahami
dampak dari tawuran
2.
Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap
untuk ikut serta dalam usaha penanggulangannya
3.tidak
ikut serta didalamnya
a) Sasaran
1. Mahasiswa
Pelaku utama yang melakukan dalam permasalahan ini
adalah Mahasiswa itu sendiri
tanpa mengenal adanya pembatas nama dari sekolah itu sendiri.
2. Keluarga
Peran orang tua
sangat penting bagi perilaku atau sikap anaknya,kurangnya perhatian dari orang
tua,menyelesaikan masalah dengan kekerasan ini membuat si anak melampiaskannya
kepada orang lain.
3. Pihak kepolisian
Polisi harus
mengawasi universitas atau sekolah yang sering melakukan aksi tawuran
tersebut,polisi juga harus bertindak cepat untuk menanganinya.
4. Pemerintah
Pemerintah harus tegas untuk
memberikan hukuman yang tegas untuk pelajar yang terlibat dalam aksi tawuran
ini. supaya mereka merasa jera dan tidak mengulangi perbuatannya
lagi.
5. Pihak sekolah atau guru
Pihak sekolah dan
guru harus bisa membuat siswa bisa nyaman disekolah dan pihak sekolah mengadakan
kegiatan yang bermanfaat
d.Malu dengan tetangga dikarenakan mengikuti tawuran tersebut,sebaiknya
tidak ikut tawuran agar tidak menjelekan nama sendiri
BAB
II
PERMASALAHAN
A. PENGERTIAN TAWURAN
Dalam kamus Bahasa Indonesia “tawuran” dapat
diartikan sebagai perkelahian yang meliputi banyak orang.Sedangkan “Pelajar”
adalah seorang manusia yang belajar.Sehingga Pengertian Tawuran Pelajar adalah
Perkelahian yang dilakukan oleh sekelompok orang yang mana perkelahian tersebut
dilakukan oleh orang yang sedang belajar. Jadi Tawuran secara luas adalah tindakan
agresi(perkelahian) yang dilakukan oleh suatu kelompok terhadap kelompo lainnya
yang dimaksudkan untuk menyebabkan penderitaan/menyakiti orang lain bahkan
merusak.
B. FAKTOR-FAKTOR
PENYEBAB TERJADINYA TAWURAN
Ada
banyak faktor yang mempengaruhi tawuran di wilayah-wilayah tersebut misalnya :
1. Faktor lingkungan. Lingkungan di antara rumah dan
sekolah yang sehari-hari remaja alami, juga membawa dampak terhadap munculnya
perkelahian.
2. Faktor sekolah. Sekolah pertama-tama bukan
dipandang sebagai lembaga yang harus mendidik siswanya menjadi sesuatu. Tetapi
sekolah terlebih dahulu harus dinilai dari kualitas pengajarannya. Karena itu, akan menyebabkan siswa lebih senang
melakukan kegiatan di luar sekolah bersama teman-temannya
C. SWOT ANALYSIS
1.
Strength
a.
Kekompakan dalam sebuah
kelompok dalam melakukan aksi tersebut
b.
Mendapat
daerah kekuasaan
c.
Pelajar cenderung menganggap tawuran sebagai cara memperoleh
pengakuan dan status tinggi serta disegani dalam kelompoknya.
2.
Weakness
a.
Merusak
fasilitas umum
b. Kekerasan
yang sering dilihat pelajar,dapat membuat pola pikiran pelajar
c.
Karena masalah rebutan seorang wanita, juga
bisa memicu terjadinya perkelahian antar pelajar.
3.
Opportunity
a. Kehilangan nyawa
b. kekuatan
c. kekalahan
4. Threats
a. Mengeluarkan biaya lebih untuk
membeli senjata tajam
b. Para pelajar yang melakukan
tawuran akan mendapatkan hukuman dari pihak kepolisian.
c. Sikap pelajar yang anarkis,
membuat para orang tua mereka menjadi geram atas tingkah laku yang sangat tidak pantas di usia mereka
yang masih sangat remaja
d. menjelekan nama
sendiri
Rekomendasi
:
a. terjadinya sebuah kekompakan bersama untuk mencapai suatu tujuan yang sama yaitu kemenangan
a. terjadinya sebuah kekompakan bersama untuk mencapai suatu tujuan yang sama yaitu kemenangan
b.
kekerasan yang sering mereka
lihat juga berpengaruh pada tawuran ini,sebaiknya orangtua memberikan sikap dan
pengarahan yang baik.
c.
Dapat kehilangan nyawa dari tawuran ini,dikarenakan
tertebas dari senjata tajam seharusnya mampu terhindar dari tebasan tersebut.
BAB III
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
1. Kesimpulan
Faktor yang menjadi penyebab
tawuran pada generasi muda tidaklah hanya datang dati diri individu itu sendiri
melainkan juga terjadi karena faktor lainnya yang datang dari luar individu.Para pelajar yang umumnya
masih muda memiliki kecenderungan melakukan hal-hal yang diluar dugaan yang
mana kemungkinan dapat merugikan dirinya sendiri dan orang lain maka inilah
peran orang tua dituntut untuk dapat mengarahkan dan mengingatkan anaknya jika
sewaktu-waktu melakukan kesalahan.Keteladan seorang guru juga
tidak dapat dilepaskan.Guru sebagai pendidik bisa dijadikan instruktur dalam
pendidikan kepribadian para siswanya agar menjadi insan yang lebih
baik.Begitupun dalam mencari teman sepermainan.Sang anak haruslah diberikan
pengarahan dari orang dewasa agar mampu memilih teman yang baik.Selanjutnya masyarakat sekitar
pun harus bisa membatu para generasi muda ini mengembangkan potensinya dengan
cara mengakui eksistensinya.
2. Rekomendasi
Dalam menyikapi masalah remaja terutama tentang
tawuran pelajar diatas, penulis memberikan beberapa saran. Diantaranya :
• Keluarga sebagai awal tempat pendidikan para pelajar harus mampu membentuk pola pikiryang baik untuk para pelajar
• Masyarakat mesti menyadari akan perannya dalam menciptakan situasi yang kondusif
• Lembaga pendidikan formal sudah semestinya memberikan pelayanan yang baik untuk membantu para pelajar mengasah kemampuan dan mengembangkan segala potensi yang adadidalam dirinya
• Memberikan perhatian yang lebih untuk para remaja yang sejatinya sedang mencari jatidiri
• Keluarga sebagai awal tempat pendidikan para pelajar harus mampu membentuk pola pikiryang baik untuk para pelajar
• Masyarakat mesti menyadari akan perannya dalam menciptakan situasi yang kondusif
• Lembaga pendidikan formal sudah semestinya memberikan pelayanan yang baik untuk membantu para pelajar mengasah kemampuan dan mengembangkan segala potensi yang adadidalam dirinya
• Memberikan perhatian yang lebih untuk para remaja yang sejatinya sedang mencari jatidiri
Refrensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar