Sabtu, 10 Oktober 2015

Makalah tentang Dampak Sosial Tawuran Antar Wilayah RT/RW di Jakarta



Nama : Muhamad wildan fadil
Kelas : 1KA23
NPM : 14115436








Dampak Sosial Tawuran Antar Wilayah RT/RW di Jakarta


  





























Muhamad wildan fadil
NPM  14115436
Kelas 1KA23




Program Sarjana
Ilmu Komputer & Teknologi Informasi












Mata kuliah : ilmu sosial dasar
Dosen: muhammad burhan amin
Topik Makalah

Dampak Sosial Tawuran Antar Wilayah RT/RW di Jakarta

Kelas  :  1-KA23

Tanggal Penyerahan Makalah : 6 Oktober 2015
Tanggal Upload Makalah  :  7 Oktober 2015

 

P E R N Y A T A A N

Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.

Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.


                                                             P e n y u s u n

N P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan
14115436
Muhamad Wildan Fadil


    Program Sarjana Ilmu Komputer & Teknologi Informasi

                                                 


                                                UNIVERSITAS GUNADARMA












Kata pengantar

Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas berkat dan rahmat-Nyalah sehingga saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul "Dampak sosial tawuran antar wilayah rt/rw". Tugas makalah ini dibuat guna untuk memenuhi nilai tugas dalam mata kuliah Ilmu Sosial Dasar pada Jurusan sistem informasi Universitas Gunadarma.                           
Dalam pembuatan makalah ini masih jauh dari sempurna, masih banyak kekurangan dalam berbagai sudut pandang, mohon kritikan dan saran  yang membangun agar pembuatan makala untuk kedepannya bisa lebih baik lagi.
Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita sekalian.




                                                                                                                                   BEKASI,02-10-15


                                                                                                                           
                                                                                                                                        M.wildan fadil










Daftar isi

KATA PENGANTAR........................................................................ i
DAFTAR ISI...................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG……………………………………………1
B.  TUJUAN…………………………………………………………2
D. SASARAN……………………………………………………….2
BAB II PERMASALAHAN
1. PENGERTIAN TAWURAN……………………………….........3
2. FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA TAWURAN..3
3. SWOT Analysis…………………………………………………..4
BAB III KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
1. KESIMPULAN……………..……………………………….........5
2. REKOMENDASI………………………………….……………...5
REFERENSI








Bab 1
pendahuluan

iii.                Latar belakang

Tawuran antar warga selalu menjadi bahan pembicaraan,perkara ini tidak dapat dianggap remeh. Tawuran warga ini kalau kita kaji akan berdampak panjang, bukan hanya bagi warga yang terlibat, namun juga untuk keluarga serta lingkungan masyarakat di sekitarnya.
Tawuran ini sangat mengganggu kenyamanan warga sekitar,tawuran ini tidak hanya terjadi di satu lingkungan saja tetapi dilingkungan itu saja,tetapi dijalan umum.tak jarang umumnya merusak fasiltas publik,penyimpangan ini membuat warga takut untuk melerainya,sampai harus melibatkan aparat kepolisian.

Hal ini tampak beralasan karena senjata yang digunakan bukan senjata biasa melainkan senjata tajam yang dapat merenggut nyawa orang contohnya,samurai,golok,pedal.


Perkelahian yang dilakukan oleh sesama warga ini sangat merugikan banyak pihak selain para warga itu sendiri dan untuk mencari jalan penyelesaian terbaik dalam menekan permasalah ini agar tidak terus-menerus berlangsung dalam kehidupan mereka dan tidak berdampak buruk pada masa depan mereka.





    a)      Tujuan



1.Memahami dampak dari tawuran
2. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha penanggulangannya
3.tidak ikut serta didalamnya


      
a)      Sasaran

 1.   Mahasiswa
Pelaku utama yang melakukan dalam permasalahan ini adalah Mahasiswa itu sendiri tanpa mengenal adanya pembatas nama dari sekolah itu sendiri.
2. Keluarga

Peran orang tua sangat penting bagi perilaku atau sikap anaknya,kurangnya perhatian dari orang tua,menyelesaikan masalah dengan kekerasan ini membuat si anak melampiaskannya kepada orang lain.
 
 3. Pihak kepolisian

Polisi harus mengawasi universitas atau sekolah yang sering melakukan aksi tawuran tersebut,polisi juga harus bertindak cepat untuk menanganinya.
 
 4. Pemerintah

Pemerintah harus tegas untuk memberikan hukuman yang tegas untuk pelajar yang terlibat dalam aksi tawuran ini.  supaya mereka merasa jera dan tidak mengulangi perbuatannya lagi.
 
5.  Pihak sekolah atau guru

Pihak sekolah dan guru harus bisa membuat siswa bisa nyaman disekolah dan pihak sekolah mengadakan kegiatan yang bermanfaat






BAB II

 PERMASALAHAN


 A.   PENGERTIAN TAWURAN

Dalam kamus Bahasa Indonesia “tawuran” dapat diartikan sebagai perkelahian yang meliputi banyak orang.Sedangkan “Pelajar” adalah seorang manusia yang belajar.Sehingga Pengertian Tawuran Pelajar adalah Perkelahian yang dilakukan oleh sekelompok orang yang mana perkelahian tersebut dilakukan oleh orang yang sedang belajar. Jadi Tawuran secara luas adalah tindakan agresi(perkelahian) yang dilakukan oleh suatu kelompok terhadap kelompo lainnya yang dimaksudkan untuk menyebabkan penderitaan/menyakiti orang lain bahkan merusak.


 B.  FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA TAWURAN

Ada banyak faktor yang mempengaruhi tawuran di wilayah-wilayah tersebut misalnya :

 1. Faktor lingkungan. Lingkungan di antara rumah dan sekolah yang sehari-hari remaja alami, juga membawa dampak terhadap munculnya perkelahian. 
 
2. Faktor sekolah. Sekolah pertama-tama bukan dipandang sebagai lembaga yang harus mendidik siswanya menjadi sesuatu. Tetapi sekolah terlebih dahulu harus dinilai dari kualitas pengajarannya. Karena itu, akan menyebabkan siswa lebih senang melakukan kegiatan di luar sekolah bersama teman-temannya






C. SWOT ANALYSIS



1.   Strength
                                         
a.       Kekompakan dalam sebuah kelompok dalam melakukan aksi tersebut
b.      Mendapat daerah kekuasaan
c.        Pelajar cenderung menganggap tawuran sebagai cara memperoleh pengakuan dan status tinggi serta disegani dalam kelompoknya.


2.   Weakness
a.       Merusak fasilitas umum
b.      Kekerasan yang sering dilihat pelajar,dapat membuat pola pikiran pelajar
c.       Karena masalah rebutan seorang wanita, juga bisa memicu terjadinya perkelahian antar pelajar.

3.   Opportunity
a.       Kehilangan nyawa
b.      kekuatan
c.       kekalahan

4.   Threats
a.       Mengeluarkan biaya lebih untuk membeli senjata tajam
b.      Para pelajar yang melakukan tawuran akan mendapatkan hukuman dari pihak kepolisian.
c.       Sikap pelajar yang anarkis, membuat para orang tua mereka menjadi geram atas tingkah        laku yang sangat tidak pantas di usia mereka yang masih sangat remaja
d.      menjelekan nama sendiri

Rekomendasi :
a.
terjadinya sebuah kekompakan bersama untuk mencapai suatu tujuan yang sama yaitu kemenangan
                     
b. kekerasan yang sering mereka lihat juga berpengaruh pada tawuran ini,sebaiknya orangtua memberikan sikap dan pengarahan yang baik.

c. Dapat kehilangan nyawa dari tawuran ini,dikarenakan tertebas dari senjata tajam seharusnya mampu terhindar dari tebasan tersebut.

d.Malu dengan tetangga dikarenakan mengikuti tawuran tersebut,sebaiknya tidak ikut tawuran agar tidak menjelekan nama sendiri                                                                     






BAB III 

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI


1. Kesimpulan

Faktor yang menjadi penyebab tawuran pada generasi muda tidaklah hanya datang dati diri individu itu sendiri melainkan juga terjadi karena faktor lainnya yang datang dari luar individu.Para pelajar yang umumnya masih muda memiliki kecenderungan melakukan hal-hal yang diluar dugaan yang mana kemungkinan dapat merugikan dirinya sendiri dan orang lain maka inilah peran orang tua dituntut untuk dapat mengarahkan dan mengingatkan anaknya jika sewaktu-waktu melakukan kesalahan.Keteladan seorang guru juga tidak dapat dilepaskan.Guru sebagai pendidik bisa dijadikan instruktur dalam pendidikan kepribadian para siswanya agar menjadi insan yang lebih baik.Begitupun dalam mencari teman sepermainan.Sang anak haruslah diberikan pengarahan dari orang dewasa agar mampu memilih teman yang baik.Selanjutnya masyarakat sekitar pun harus bisa membatu para generasi muda ini mengembangkan potensinya dengan cara mengakui eksistensinya.


2. Rekomendasi


Dalam menyikapi masalah remaja terutama tentang tawuran pelajar diatas, penulis memberikan beberapa saran. Diantaranya :
  •  Keluarga sebagai awal tempat pendidikan para pelajar harus mampu membentuk pola pikiryang baik untuk para pelajar
•   Masyarakat mesti menyadari akan perannya dalam menciptakan situasi yang kondusif
•    Lembaga pendidikan formal sudah semestinya memberikan pelayanan yang baik untuk membantu para pelajar mengasah kemampuan dan mengembangkan segala potensi yang adadidalam dirinya
  •  Memberikan perhatian yang lebih untuk para remaja yang sejatinya sedang mencari jatidiri
Refrensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar